Wabup Pimpin Rakortas; Perpanjang Masa Pencarian, Pulangkan Korban Selamat

Media Benteng News, SelayarRapat koordinasi terbatas (Rakortas) membahas tekhnis penyaluran bantuan korban selamat dalam tragedi karamnya kapal motor Yuiee Jaya 02 dipimpin Wakil Bupati Selayar, Sulawesi Selatan, H. Saiful Arif, SH, di ruang kerjanya, Senin, (18/3) pagi, dengan menghadirkan Kalaksa BPBD, Drs. Achmad Alifiyanto yang didampingi kepala bidang kedaruratan dan logistik, Muhammad Ikbal, antara lain memutuskan untuk memperpanjang masa pencarian korban yang belum ditemukan, dan memulangkan Korban yang selamat.

 

Selain Kalaksa dan pendampingnya, hadir pula Kepala Dinas Sosial, Hj. Satmawati, S.Sos., M. AP, Ketua Baznas, Drs. Odding Karim, MH. Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Suardi, Kepala BPKPD, Drs. Muchtar, dan Tim Basarnas.

 

 

Rakor yang turut dihadiri Camat Takabonerate, Andi Caco Amras, ST., MM. juga memutuskan, para Ka OPD, dan juga Baznas, menyediakan bantuan, baik dalam bentuk uang tunai, maupun pakaian dan / atau makanan siap saji untuk dibawa Camat dengan menumpang KM. Takabonerate menuju Pulau Kayuadi, Kecamatan Takabonerate.

 

Instruksi serupa disampaikan wabup melalui Komunitas Peduli Sesama Kabupaten Selayar untuk sesegera mungkin memaksimalkan pengumpulan donasi pakaian, sarung, selimut, dan kebutuhan logistik makanan instan siap saji dan mengkoordinasikan persiapan pemberangkatan melalui kepala dinas perhubungan yang akan menfasilitasi pemberangkatan rombongan menuju Pulau Kayuadi.

 

Dalam kesempatan yang sama, wabup tegaskan, jika tak ada pertimbangan lain, memaksimalkan upaya pemulangan korban selamat melalui jalur penyeberangan Pelabuhan Pattumbukang, untuk selanjutnya dibawah ke ibukota Benteng Selayar menggunakan kapal ferry KM. Takabonerate.

 

 

Instruksi wabup diaminkan Camat Takabonerate, Andi Caco Amras yang sebelumnya telah mengarahkan Sekretaris Camat (Sekcam) Takabonerate untuk mengumpulkan seluruh korban selamat di rumah kediaman Kepala Desa Batang, untuk menginstruksikan para kepala Desa, membantu Tim SAR yg didukung TNI dan Polri, melanjutkan pencarian korban di wilayah masing masing..

 

Andi Caco Amras menguraikan, langkah evakuasi korban ke ibukota kabupaten, merupakan kebijakan paling tepat dan efisien untuk memudahkan proses perawatan serta persiapan pemulangan korban melalui Pemerintah Provinsi Sulsel menuju kota Pekalongan.

 

Proses koordinasi dan pemulangan korban, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Dinas Sosial yang akan berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel melalui dinas sosial.

 

Setiba di ibukota kabupaten, korban akan diinapkan di Wisma PKK Tanadoang sambil menantikan jadwal pemulangan korban.

 

 

Sebelumnya, bantuan dalam bentuk Uang Tunai, telah disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Selayar melalui pemerintah kecamatan. Namun, melalui Camat, kami masih akan titip bantun tambahan untuk disalurkan bersama bantuan sarung dan pakaian layak pakai.

 

Diakhir rapat koordinasi, Wabup meminta Koordinator Komunitas Peduli Sesama Kabupaten Selayar untuk berangkat menuju Pulau Kayuadi mendampingi Camat Takabonerate dalam kegiatan distribusi bantuan logistik dan bergabung bersama tim SAR gabungan dalam rangka memaksimalkan upaya pencarian sembilan belas orang korban hilang yang masih belum ditemukan.