Bupati dan Ketua Dekranasda Selayar Hadiri Pembukaan INACRAFT di Jakarta

JAKARTA, mediabentengnews – Bupati H. Muh. Basli Ali bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Selayar Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli menghadiri Pembukaan INACRAFT Tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu Maret 2023.

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo yang diwakili oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, dihadiri pula sejumlah menteri dan pejabat negara, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama seluruh Kepala Daerah se-Sulsel.

 

Dari laporan panitia penyelengagra terdapat 1.200 both pelaku usaha dan pengrajin dari seluruh wilayah indonesia, temasuk Dekranasda Kabupaten Kepulauan Selayar turut ambil bagian pada gelaran pameran UMKM terbesar se asia tenggara ini.

 

Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali usai mengikuti ceremony pembukaan kepada awak media menyampaikan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini.

 

Menurutnya ini merupakan kesempatan bagi pemerintah daerah untuk mengenalkan dan menfasilitasi hasil karya para perajin yang ada di daerah.

 

Senada dengan itu Ketua Dekranasda Dwiyanti Musrifah yang juga selaku Ketua TP. PKK Kepulauan Selayar menyebut bahwa kegiatan Inacraft ini merupakan etalase dan peluang pasar bagi produk kerajinan daerah.

 

Selain itu melalui event ini para pengurus Dekranasda akan memperoleh informasi dan inspirasi baru dalam melakukan pembinaan kepada para pengrajin dan UMKM khususnya di Kepulauan Selayar, sehingga diharapkan kedepan produk kerajinan Bumi Tandoang bisa bisa bersaing secara nasional bahkan internasional.

 

“Keikutsertaan Selayar pada event ini adalah wujud komitmen para pengurus Dekranasda untuk terus berusaha membantu para pelaku UMKM dan Pengrajin dalam mempromosikan produknya,” tandas Musrifah Basli

 

Pameran Inacraft tahun ini, Provinsi Sulawesi Selatan terpilih menjadi ikon kegiatan dengan mengusung tema “Form Smart Village to Global Market”.

 

Gelaran Inacraft 2023 diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handcraft Indonesia (Asephi) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi dan akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 1-5 maret 2023. ***